Home > FAQ

Frequently Ask Question (FAQ)

6 Pertanyaan 6
Apabila calon peserta tugas belajar telah lulus tes akademik dan diterima di Perguruan Tinggi, apakah calon peserta tugas belajar harus membayar terlebih dahulu biaya pendidikannya?
Jawaban
Calon peserta yang telah mendaftar online dan dinyatakan lulus seleksi administrasi dipersilakan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi akademik di perguruan tinggi yang dipilih, Puskatmutu Badan PPSDMK akan membuatkan surat tunda bayar kepada institusi pendidikan agar calon peserta tidak membayar terlebih dahulu, namun tidak semua perguruan tinggi dapat memberlakukan tunda bayar sehingga calon peserta yang memilih perguruan tinggi tersebut harus membayar terlebih dahulu biaya pendidikan di awal semester dan bisa di reimburse kemudian. Informasi tentang hal ini dapat ditanyakan langsung ke bagian kerjasama di universitas masing-masing.
7 Pertanyaan 7
Apabila calon peserta tugas belajar sudah terlanjur membayar biaya pendidikan dengan dana pribadi, bagaimana proses pengembalian biayanya?
Jawaban
Setelah Puskatmutu BPPSDMK membayarkan biaya pendidikan ke perguruan tinggi, peserta dapat meminta kembali (reimburse) biaya yang telah dibayarkan dengan memberikan bukti bayar dan fc buku rekening ke bagian keuangan perguruan tinggi.
8 Pertanyaan 8
Komponen apa saja yang dibiayai oleh BPPSDMK?
Jawaban
Bantuan biaya tugas belajar meliputi komponen sebagai berikut: a. Biaya pendidikan (SPP), yang ditetapkan sesuai pola tarif yang resmi (SK Rektor atau ketentuan peraturan perundangan), dibayarkan langsung ke rekening institusi pendidikan. b. Biaya Operasional Pendidikan dibayar satu kali di awal masa studi (tetap disesuaikan dengan ketersediaan anggaran Kementerian Kesehatan), dibayarkan langsung ke rekening institusi pendidikan. c. Biaya hidup dan biaya operasional, besarannya sesuai Standar Biaya Masukan Kementerian Keuangan pada tahun berjalan, dibayarkan langsung ke rekening peserta tugas belajar. d. Biaya Buku dan referensi, besarannya sesuai Standar Biaya Masukan Kementerian Keuangan pada tahun berjalan, dibayarkan langsung ke rekening peserta tugas belajar. e. Biaya skripsi/tesis/disertasi, besarannya ditentukan oleh KPA Pusat Peningkatan Mutu SDMK (syarat dan ketentuan berlaku), dibayarkan langsung ke rekening peserta tugas belajar. f. Biaya kedatangan dan kepulangan, dibayarkan sesuai tiket resmi (untuk pesawat kelas ekonomi), ditambah uang saku 1 (satu) hari berdasarkan Standar Biaya Masukan Kementerian Keuangan pada tahun berjalan (syarat ketentuan berlaku), dibayarkan langsung ke rekening peserta tugas belajar.
9 Pertanyaan 9
Berapa semester Puskatmutu BPPSDMK membiayai tugas belajar ?
Jawaban
Bantuan biaya pendidikan diberikan kepada peserta tugas belajar sesuai kurikulum resmi institusi pendidikan : D3 ke S1 : 4 semester atau sesuai kurikulum S1 ke S2 : 4 semester atau sesuai kurikulum S2 ke S3; 8 semester (syarat dan ketentuan berlaku) Profesi : sesuai kurikulum
10 Pertanyaan 10
Apa persyaratan untuk mengajukan biaya kedatangan saat pertama kali datang ke kota tempat insitusi pendidikan dan biaya kepulangan setelah lulus pendidikan?
Jawaban
Untuk pengajuan biaya kedatangan dan kepulangan dengan mengirimkan tiket atau bukti pembayaran transportasi yang sah dan tertera nominal (untuk pesawat kelas ekonomi), boarding pass (untuk yang menggunakan pesawat dan kereta), SPPD, dan SPTJM (dapat diunduh pada sistem informasi tugas belajar). Biaya kedatangan di ajukan pada tahun berjalan pada awal perkuliahan, sedangkan biaya kepulangan diajukan pada tahun berjalan kelulusan, dimana berkas harus diterima oleh Puskatmutu paling lama 5 hari kerja setelah perjalanan dan tidak melewati tahun anggaran berjalan.