Home > FAQ

Frequently Ask Question (FAQ)

16 Pertanyaan 16
Bagaimana ketentuan terkait penggandaan yang dapat diajukan dalam RAB?
Jawaban
- Biaya penggandaan yaitu biaya yang dipergunakan untuk memperbanyak instrumen/kuesioner, proposal atau laporan skripsi/tesis/disertasi. Biaya penggandaan yang diajukan harus wajar dan rasional baik dari segi jumlah dan harganya - Pembelian data dapat diberikan dan wajib melampirkan Surat Penawaran/Invoice dari penyedia data (seperti medical record RS, BPS, IMF, World Bank dan lainnya).
17 Pertanyaan 17
Bagaimana ketentuan terkait biaya uji dan sewa alat yang dapat diajukan dalam RAB?
Jawaban
- Biaya uji material yang dilakukan di laboratorium, wajib melampirkan referensi harga/penawaran dari penyedia laboratorium/layanan, banyaknya sampel yang akan diujikan harus jelas tercantum dalam propsoal penelitian. - Biaya uji validasi maksimal 4 (empat) orang validator/ahli/pakar dengan maksimal 3 (tiga) kali uji validasi dengan harga maksimal Rp 500.000,-/uji. - Proofreading dapat diberikan dengan besaran maksimal untuk Magister Rp. 5.000.000,- dan Doktoral Rp. 10.000.000,- (lampirkan referensi harga). - Sewa alat/jasa dapat diberikan jika alat/jasa tersebut merupakan bagian yang digunakan pada substansi penelitian dan wajib melampirkan referensi harga resmi sewa alat/jasa dari vendor. - Khusus untuk alat – alat seperti tape recorder, kamera, laptop, printer, dll diwajibkan untuk membeli jika harga sewa melebihi harga beli dan setelah selesai digunakan diwajibkan mengembalikan ke negara menjadi Barang Milik Negara (BMN).
18 Pertanyaan 18
Bagaimana ketentuan terkait biaya lain - lain yang dapat diajukan dalam RAB?
Jawaban
• Transportasi dapat diberikan pada informan pada tahapan Focus Group Discussion (FGD) atau pada wawancara mendalam • Software yang dapat diajukan adalah software (Student License) yang spesifik yang tidak disediakan oleh Perguruan Tinggi dengan melampirkan surat keterangan dari Perguruan Tinggi bahwa software tidak disedikan oleh kampus dan saat pengajuan wajib melampirkan referensi harga. • Biaya Ethical Clearence harus melampirkan referensi harga resmi dari lembaga/intitusi.
19 Pertanyaan 19
Komponen biaya apa saja yang tidak ditanggung dalam penyusunan skripsi/tesis/disertasi?
Jawaban
- Biaya pembelian alat dan/atau fixed asset (seperti tape recorder, kamera, laptop, printer, dll); - Biaya-Biaya akibat perpindahan tempat penelitian dan asuransi kesehatan; - Biaya Ujian/seminar/sidang; - Biaya pengiriman barang/kurir; - Biaya transkipsi dan/atau translasi; - Biaya pembelian buku; - Honor yang meliputi honor pengolahan data, honor penguji, honor pengisian kuesioner, honor peneliti, honor pendamping peneliti, dan honor-honor lain yang tidak memiliki alat bukti kuat; - Biaya transportasi lokal, antara lain: taksi, bis, angkutan kota, dsb; - Biaya komunikasi, seperti pulsa, internet, dsb; - Biaya tak terduga lainnya.
20 Pertanyaan 20
Kapan batas waktu untuk mengajukan biaya skripsi/tesis/disertasi?
Jawaban
Sebelum batas akhir masa studi sesuai kurikulum resmi (untuk yang lulus pada semester ganjil pada bulan Februari sedangkan untuk yang lulus pada semester genap pada bulan Agustus)