Home > Pendaftaran Online > PROSEDUR PENDAFTARAN

PROSEDUR PENDAFTARAN

PROSEDUR PENDAFTARAN
 
1.
Melengkapi Persyaratan Dokumen Administrasi
 
a.
Pimpinan unit kerja menentukan nama calon peserta sesuai dengan rencana kebutuhan tugas belajar ataupun rencana pengembangan karir staf yang telah dituangkan ke dalam dokumen perencanaan tugas belajar unit kerja.
 
b.
Calon peserta melengkapi semua persyaratan dan dokumen yang telah ditetapkan sesuai dengan surat edaran.
 
c.
Sebelum mendaftar online calon peserta harusmemastikan pilihan universitas ada dalam daftar di Sistem Informasi Online dan mengumpulkan informasi program studi dan peminatan yang akan dipilih sertamemastikan program studi tersebut membuka dan menerima mahasiswa baru tahun 2020, kami tidak menerima pindah peminatan, prodi maupun universitas.
 
d.
Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui alamat: http://tubel.bppsdmk.kemkes.go.id.
 
e.
Pimpinan unit kerja mengusulkan calon peserta tugas belajar dari unit kerjanya ke Sekretariat Unit Utama/Dinas Kesehatan Provinsi.
 
f.
Calon peserta mengirimkan dokumen persyaratan seleksi administrasi ke Unit Utama/Dinas Kesehatan Provinsi masing-masing.
2.
Seleksi administrasiUnit Utama/Dinkes Provinsi
 
Tim seleksi administrasi Unit Utama/Dinas Kesehatan Provinsi melakukan seleksi untuk calon peserta.
 
Tugas dan fungsi Tim Seleksi administrasiUnit Utama/Dinas Kesehatan Provinsi adalah :
 
a.
Verifikasi kelengkapan dan kesesuaian dokumen administrasi calon peserta dengan data dalam sistem online.
 
b.
Mengumumkan hasil seleksi administrasi Unit Utama Kemenkes/Dinas Kesehatan Provinsi kepada calon peserta melalui sistem online.
 
c.
Mengirimkan hasil seleksi administrasi kepada unit pengusul/UPT/UPTD masing-masing unit utama/Dinkes Provinsi.
 
d.
Mengirimkan berkas hasil seleksi administrasi ke Pusat Peningkatan Mutu SDMK
3.
Seleksi administrasiPusat/Kemenkes
 
Tim seleksi administrasi Pusat/Kemenkes  melakukan seleksi untuk calon peserta.
 
Tugas dan fungsi Tim Seleksi administrasiPusat/Kemenkes adalah :
 
a.
Verifikasi kelengkapan dan kesesuaian dokumen administrasi calon peserta dengan data dalam sistem online.
 
b.
Mengumumkan hasil seleksi administrasi kepada calon peserta melalui sistem online.
 
c.
Mengirimkan hasil seleksi administrasi kepada unit utama/Dinkes Provinsi dan Institusi Pendidikan.
4.
Seleksi Akademik
 
a.
Peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi di tingkat Pusat/Kemenkes, segera mendaftar ke institusi pendidikan untuk melakukan seleksi akademik.
 
b.
Setelah dinyatakan lulus seleksi akademik segera mengkonfirmasi dan melengkapi kelulusan melalui sistem informasi dengan mengklik “diterima” pada hasil seleksi akademik
 
c.
Peserta mengirimkan berkas hasil seleksi akademik ke Unit Utama/Dinas Kesehatan Provinsi
5.
Verifikasi Berkas hasil Seleksi Akademik Tingkat Unit Utama/Dinkes Provinsi
 
Unit utama/Dinkes Provinsi memverifikasi berkas seleksi akademik calon peserta tugas belajar dengan memeriksa hal-hal sebagai berikut:
 
a.
Mengecek Universitas, Fakultas, Prodi dan Peminatan hasil seleksi akademik dengan berkas seleksi administrasi.
 
b.
Memeriksa berkas kelengkapan registrasi hasil seleksi akademik sesuai persyaratan.
 
c.
Memberikan tanda kelulusan pada sistem informasi bagi peserta yang belum melakukan update kelulusan.
 
d.
Mengirimkan dokumen hasil seleksi akademik ke Pusat Peningkatan Mutu SDMK.
6.
Penetapan Peserta Tugas Belajar
 
a.
Pusat peningkatan mutu dan unit utama kemenkes memverifikasi dokumen administrasi dan seleksi akademik.
 
b.
Mengumumkan hasil penetapan penerima bantuan tugas belajar melalui sistem informasi tugas belajar
 
c.
Mengirimkan SK Penetapan Penerima Bantuan Biaya Tugas Belajar ke Unit Utama Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi serta Institusi Pendidikan.